Labels:

First time shopping on ebay


Cerita dimulai waktu pertama kali punya akun di Paypal. Waktu itu ada teman dari luar negeri yang ingin mentransfer sejumlah nominal tetapi dia cuma bisa mentransfer lewat Paypal. Walhasil mau tidak mau saya harus punya akun itu. Setelah Sign Up, saya cuma berharap bisa langsung mencairkan uang itu ke rekening tabungan saya. Tapi apa daya ternyata Paypal itu memerlukan Verified status untuk bisa mentransfer uang saya. 


Karena proses verified itu memerlukan kartu kredit yang notabene saya tidak punya, akhirnya dana saya tersebut sukses mengendap di Paypal. Dua bulan sudah semenjak saya membuat akun Paypal dan saya masih menunggu proses apply kartu kredit saya diterima, iseng iseng saya mempelajari cara kerja Paypal dan melihat merchant merchant mana yang bisa menerima Paypal (maklum Newbie, hehehe). Wow, ada eBay... langsung saya tersenyum sendiri karena tau, eBay surganya belanja internasional!

Nah, hari hari berikutnya pun sudah bisa ditebak. hampir setiap hari saya 'nongkrong' di eBay cuci mata alias window shopping. Abis gimana ya, cewe kalo ada dana, trus ada barang-barang yang murmer (murah meriah -red) apalagi kalo ada sale atau hot deals.. Weww.. langsung gelap mata deh...

Ga tahan juga, saya langsung ingin membeli baju di eBay. Tapi karena baru alias Newbie, saya memilih dress yang harganya cuma kira kira 10$ (tapi beli 2 :p) takutnya barang tidak bisa saya terima padahal uang pasti sudah melayang. Akhirnya, 2 potong dress lucu nan imut, agak ABG dan berbau korea dikit,, hihiii.. tapi cuek ajalah. Hari gini yang kayak gitu pemakai ga kenal umur, yang penting sopan (agak2 bela diri karena dah berumur diatas 30.. hehehehe)

Pada tgl 20 Juni 2013 saya pun membeli dress2 itu. Dress dress cantik berwarna hitam dan pink tua (atau salem?) yang memang saya liat begitu menggoda dipakai oleh model2 nya yang cantik2 itu. Pikir2, siapa tau saya bisa kelliatan oke banget pas pake dress2 itu. hihiii

Klik, bought, trus di direct ke paypal minta persetujuan paypal untuk mengeluarkan uang, trus check out deh. Selesai.
Sudah terbayang ga akan sebulan saya udah bisa terima tu barang karna disitu tertulis sekitar 2 atau 3 minggu setelah pembayaran diterima dengan estimasi delivery tgl 28 Juni diterima jumat tgl. 12 Juli
Berikut email konfirmasi dari ebay :








Ternyata barang akan diterima pada tgl 12 dan 16 Juli, berarti kurang dari 1 bulan. Baiklah, saya akan sabar menunggu hehehe..

Tgl. 12 pun tiba.. dah ga sabar nih, maklum pembelian pertama.. hihihiii
Tunggu punya tunggu belum datang juga. mungkin besok, pikir saya. Besok pun sama.. barang belum datang. Mungkin bersamaan datangnya pada tgl 16 Juli. Tetap sabar. Tapi sampai dengan tgl 20 belum sampai juga yang berarti sudah sebulan sejak tgl pembelian, sudah mulai kebat kebit nih dada.. tapi tetep ga mau suudzon. Mungkin benar apa yang dikatakan mereka bahwa barang bisa saja terlambat karna masalah teknis.

Akhirnya setelah beberapa hari dari tanggal 20, yang berarti sebulan sudah semenjak pembelian, akhirnya saya memutuskan untuk
 open case  atas kasus keterlambatan barang barang saya (saya membaca Buyer Protection mengenai hak hak buyer). Respon dari ebay sangat cepat dan seller juga sangat bekerjasama dalam membalas email2 saya membuat saya jadi ragu sendiri, apakah saya terlalu terburu-buru melaporkan masalah ini?
Tapi saya sudah menunggu lebih dari sebulan dan sebagai pelanggan, apalagi masih baru seperti saya, saya berhak mendapatkan penjelasan atau refund bila barang tak datang juga. 
Berikut email dari ebay tentang open case saya :



Tapi kemudian datang email dari si penjual untuk minta maaf dan mencarikan solusi untuk saya untuk menunggu beberapa hari, dan selama masa menunggu itu diharapkan saya untuk mengecek kantor pos terdekat yang mungkin saja tertahan disana. 


Setelah beberapa hari berbalas email untuk mencari kesepakatan yakni menunggu seminggu sambil saya juga mengecek ke kantor pos terdekat, yang memang tidak akan memberi kita informasi sebelum kita memegang  track code paket tersebut. Akhirnya setelah saya memberitahu barang tersebut tidak saya terima juga, keputusan final atau case closed dengan salah satu dari penjual itu merefund uang saya. Leganya..



Tapi kemudian sore harinya saya malah mendapatkan paket baju saya beberapa jam setelah penjual merefund. Wow.. kebetulan banget ya?

Email terakhir dari penjual lainnya pun tidak saya respon dahulu karena takutnya mereka merefund sedangkan barang saya terima juga.
Benar saja. Keesokan harinya barang kedua pun tiba dengan selamat. Fiewwhhh..

Sayapun langsung mengontak penjual yang sudah merefund tersebut dan dengan sangat baiknya mereka merespon. Bahkan mereka salut dengan kejujuran saya untuk mengembalikan kembali uang yang sudah direfund dengan berjanji untuk memberikan saya discount tambahan jika saya berbelanja kembali di toko mereka.



Gitu deh cerita pengalaman pertama saya belanja di ebay. Intinya sih, ebay sangat bertanggung jawab dengan para pelanggan mereka. Mereka ingin para pelanggan, apalagi pelanggan pertama untuk tetap kembali berbelanja pada mereka. Saya pribadi sangat puas. Barang2 yang bagus2, customer service yang ramah dan respon yang sangat cepat. Gak bakal kapok belanja di ebay deh :D

Sepertinya penjual yang menyerupai ebay sementara hanya Qoo10 dan kaskus. Semoga nanti bakal ada lagi yang menyerupai penjualan seperti ebay, qoo10 atau kaskus, karena customer pasti ingin kenyamanan dalam berbelanja.

Let's shopping on ebay!! :D

No comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...