Cerita dimulai waktu pertama kali punya
akun di Paypal. Waktu itu ada teman dari luar negeri yang ingin mentransfer sejumlah
nominal tetapi dia cuma bisa mentransfer lewat Paypal. Walhasil mau tidak mau
saya harus punya akun itu. Setelah Sign Up, saya cuma berharap bisa langsung mencairkan uang itu ke rekening tabungan
saya. Tapi apa daya ternyata Paypal itu memerlukan Verified status untuk bisa
mentransfer uang saya.
Karena proses verified itu memerlukan
kartu kredit yang notabene saya tidak punya, akhirnya dana saya tersebut sukses
mengendap di Paypal. Dua bulan sudah semenjak saya membuat akun Paypal dan saya
masih menunggu proses apply kartu kredit saya diterima, iseng iseng saya
mempelajari cara kerja Paypal dan melihat merchant merchant mana yang bisa
menerima Paypal (maklum Newbie, hehehe). Wow, ada eBay... langsung saya tersenyum sendiri karena tau, eBay surganya belanja
internasional!
Nah, hari hari berikutnya pun sudah
bisa ditebak. hampir setiap hari saya 'nongkrong' di eBay cuci mata alias window shopping.
Abis gimana ya, cewe kalo ada dana, trus ada barang-barang yang murmer (murah
meriah -red) apalagi kalo ada sale atau hot deals.. Weww.. langsung gelap mata
deh...
Ga tahan juga, saya langsung ingin
membeli baju di eBay. Tapi karena baru alias Newbie, saya memilih dress yang
harganya cuma kira kira 10$ (tapi beli 2 :p) takutnya barang tidak bisa saya
terima padahal uang pasti sudah melayang. Akhirnya, 2 potong dress lucu nan
imut, agak ABG dan berbau korea dikit,, hihiii.. tapi cuek ajalah. Hari gini
yang kayak gitu pemakai ga kenal umur, yang penting sopan (agak2 bela diri
karena dah berumur diatas 30.. hehehehe)
Pada tgl 20 Juni 2013 saya pun membeli
dress2 itu. Dress dress cantik berwarna hitam dan pink tua (atau salem?) yang
memang saya liat begitu menggoda dipakai oleh model2 nya yang cantik2 itu.
Pikir2, siapa tau saya bisa kelliatan oke banget pas pake dress2 itu. hihiii
Klik, bought, trus di direct ke paypal
minta persetujuan paypal untuk mengeluarkan uang, trus check out deh. Selesai.
Sudah terbayang ga akan sebulan saya
udah bisa terima tu barang karna disitu tertulis sekitar 2 atau 3 minggu
setelah pembayaran diterima dengan estimasi delivery tgl 28 Juni diterima jumat
tgl. 12 Juli
Berikut email konfirmasi dari ebay :
Ternyata barang akan diterima pada tgl 12 dan 16 Juli, berarti kurang dari 1 bulan. Baiklah, saya akan sabar menunggu hehehe..
Tgl.
12 pun tiba.. dah ga sabar nih, maklum pembelian pertama.. hihihiii
Tunggu
punya tunggu belum datang juga. mungkin besok, pikir saya. Besok pun sama..
barang belum datang. Mungkin bersamaan datangnya pada tgl 16 Juli. Tetap sabar.
Tapi sampai dengan tgl 20 belum sampai juga yang berarti sudah sebulan sejak
tgl pembelian, sudah mulai kebat kebit nih dada.. tapi tetep ga mau suudzon.
Mungkin benar apa yang dikatakan mereka bahwa barang bisa saja terlambat karna
masalah teknis.
Akhirnya setelah beberapa hari dari tanggal 20, yang berarti sebulan sudah semenjak pembelian, akhirnya saya memutuskan untuk open case atas kasus keterlambatan barang barang saya (saya membaca Buyer Protection mengenai hak hak buyer). Respon dari ebay sangat cepat dan seller juga sangat bekerjasama dalam membalas email2 saya membuat saya jadi ragu sendiri, apakah saya terlalu terburu-buru melaporkan masalah ini?
Tapi saya sudah menunggu lebih dari
sebulan dan sebagai pelanggan, apalagi
masih baru seperti saya, saya berhak mendapatkan penjelasan atau refund bila barang tak datang
juga.
Berikut
email dari ebay tentang open case saya :
Tapi kemudian datang email dari si penjual untuk minta maaf dan mencarikan solusi untuk saya untuk menunggu beberapa hari, dan selama masa menunggu itu diharapkan saya untuk mengecek kantor pos terdekat yang mungkin saja tertahan disana.
Setelah beberapa hari berbalas email
untuk mencari kesepakatan yakni menunggu seminggu sambil saya juga mengecek ke
kantor pos terdekat, yang memang tidak akan memberi kita informasi sebelum kita
memegang track code paket tersebut. Akhirnya setelah saya memberitahu barang
tersebut tidak saya terima juga, keputusan final atau case closed dengan salah satu
dari penjual itu merefund uang saya. Leganya..
Tapi kemudian sore harinya saya malah mendapatkan paket baju saya beberapa jam setelah penjual merefund. Wow.. kebetulan banget ya?
Email terakhir dari penjual lainnya pun tidak saya respon dahulu karena
takutnya mereka merefund sedangkan barang saya terima juga.
Benar saja. Keesokan harinya barang kedua pun tiba dengan selamat.
Fiewwhhh..
Sayapun langsung mengontak penjual yang sudah merefund tersebut dan dengan
sangat baiknya mereka merespon. Bahkan mereka salut dengan kejujuran saya untuk
mengembalikan kembali uang yang sudah direfund dengan berjanji untuk memberikan
saya discount tambahan jika saya berbelanja kembali di toko mereka.
Gitu deh cerita pengalaman pertama saya belanja di ebay. Intinya sih, ebay
sangat bertanggung jawab dengan para pelanggan mereka. Mereka ingin para pelanggan, apalagi pelanggan pertama untuk
tetap kembali berbelanja pada mereka. Saya pribadi sangat puas. Barang2 yang
bagus2, customer service yang ramah dan respon yang sangat cepat. Gak bakal
kapok belanja di ebay deh :D
Sepertinya penjual yang menyerupai
ebay sementara hanya Qoo10 dan kaskus. Semoga nanti bakal ada lagi yang
menyerupai penjualan seperti ebay, qoo10 atau kaskus, karena customer pasti
ingin kenyamanan dalam berbelanja.
Let's shopping on ebay!! :D
No comments:
Post a Comment