Labels:

Mengapa tubuh sering merasa kedinginan

Mengapa tubuh sering merasa kedinginan walaupun tidak demam?

Tubuh selalu dingin tapi tidak demam

Bagi sebagian orang, cuaca dingin memang mengasyikan. Tak terkecuali saya, walaupun pada kenyataannya saya bukanlah tipe yang suka dengan cuaca yang dingin, seperti dinginnya puncak pegunungan. Dingin mendung saat mau hujan bolehlah.. hehehe.

Tapi akhir-akhir ini saya makin curiga dengan badan saya yang merasa kedinginan setiap saat. Atau paling tidak ga merasa kepanasan disaat yang lain kegerahan. Bahkan sekarang kalau malam saya selalu memakai selimut atau jaket tipis. Sepertinya bukan keadaan yang normal. Mengapa demikian?

Di usia saya yang hampir berkepala 4 ini sepertinya harus sudah mewaspadai gejala-gejala yang membuat tubuh tidak nyaman. Dari beberapa artikel yang saya baca, hampir semua mengatakan bahwa penyebab tubuh sering merasa kedinginan namun tidak demam ini adalah;

1. Pola makan

Semua orang mengetahui bahwa pola makan banyak berpengaruh pada tubuh. Kekurangan nutrisi dan vitamin akan membuat tubuh mudah lelah. Melewatkan sarapan juga bisa mempengaruhi tubuh. Bila kekurangan bahan bakar untuk mengahasilkan panas, maka tubuh akan menghemat bahan bakar. Dampaknya tubuh akan terasa dingin.

2. Gangguan hormon

Menstruasi, menopouse ataupun kehamilan adalah dimana terjadinya fluktuasi kadar esterogen bisa membuat tubuh lebih sensitif terhadap perubahan suhu termasuk merasa dingin terus menerus.

3. Tekanan darah tinggi/rendah

Orang yang mempunyai tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah, seringkali merasakan kedinginan lewat tangan atau telapak kaki mereka. Jika seseorang memiliki tekanan darah rendah, darahnya mengalir dengan sangat mudah dan dengan demikian hanya sedikit yang mampu mencapai tangan dan kakinya. Di sisi lain, dalam kasus tekanan darah tinggi, darah mengalir dengan banyak kesulitan dan hanya sejumlah kecil darah yang mencapai ekstrmitas. Dengan demikian, kedua kondisi ini membuat seseorang mudah merasa kedinginan daripada orang normal lainnya.

4. Efek samping obat-obatan tertentu.

5. Tiroid. 

Masalah tiroid memperlambat proses metabolisme dan dengan demikian menurunkan suhu tubuh pada seseorang.

6. Kekebalan tubuh lemah

Merasa kedinginan dapat dialami oleh seluruh bagian tubuh yang merasa dingin atau hanya tangan dan kaki yang dingin. Jika mengalami keduanya, kemungkinan besar sistem kekebalan tubuh lemah.

7. Fenomena Raynaud. 

Orang yang mengalami fenomena raynaud cenderung memiliki tangan yang sangat dingin dan juga pada bagian kaki. Ketika orang normal terkena suhu yang sangat dingin, darah dalam tubuhnya bergerak menuju organ internal agar mereka tetap hangat. Namun pada orang dengan fenomena raynaud, aliran darah ke kulit berkurang sampai batas yang sangat besar dan membuat orang mudah merasa dingin.

Fenomena Raynaud

Perasaan rasa dingin adalah subjektif, setiap orang berbeda. Dari riwayat penyakit saya, dimana saya juga mempunyai tekanan darah rendah dan adanya penyakit hypokalemia hampir tidak pernah berolahraga dan kurangnya asupan air putih, kira-kira saya dapat menyimpulkan yang mana penyebab dari dinginnya suhu badan saya. Sejak kemarin saya sudah mulai rutin meminum lagi vitamin penambah darah dan mulai mengkonsumsi air putih lebih banyak. Karena menurut saya, pola makan dan tidur sudah teratur. Akan saya lihat lagi perkembangannya dalam seminggu. Semoga tidak apa-apa setelah melakukan kegiatan rutin tersebut. Saya juga tidak mau terkena penyakit dan infeksi bila tubuh kekurangan cairan. Amin.


No comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...